Pertambangan Emas Antam Cibaliung, Banten

Tulisan ini disusun untuk mensosialisasikan salah satu aset berharga milik bangsa ini melalui perusahaan BUMN-nya PT Aneka Tambang TBk. Karena banyak yang masih belum mengetahui bahwa tambang emas milik negara sekarang sudah bukan lagi Cikotok (detik ini fasa pascatambang) dan Pongkor (fasa produksi). Kalau pihak swasta, tentu sangat banyak dan tersebar dari hampir semua pulau besar di Indonesia, kecuali Bali.

P8270127

Kompleks Pertambangan Emas Cibaliung difoto dari udara

Pertambangan emas ini dikelola oleh PT Aneka Tambang Tbk melalui anak perusahaannya PT Cibaliung Sumber Daya. Berbeda kasus dengan Tambang Emas Pongkor atau Tambang Nikel Buli yang merupakan Unit Bisnis PT Antam. Cibaliung terletak secara administratif di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Lokasinya persis berbatasan dengan Taman Nasional Ujung Kulon.

Cibaliung Banten - satelliteLokasi Cibaliung dari Google Earth

Sejarahnya, ijin eksplorasi dipegang PT Antam sejak 1995 dan berpartner dengan pihak kedua untuk mengeksplorasinya, yaitu Palmer Resources (1996-1999) dan Austindo Resource Corporation (1999-2008) membentuk perusahaan patungan bernama PT CSD. Akibat krisis finansial global 2008, Austindo mencabut sahamnya dan dimiliki oleh PT Antam 99,15% pada Juli 2009.

Tidak jauh dari Cibaliung, tepatnya 70 dan 90 km di sebelah timurnya adalah tambang Cikotok dan Pongkor. Dan karakteristik cebakan bijih emasnya mirip, yaitu berupa urat (vein) kuarsa pada batuan vulkanik. Dua urat kuarsa terbesar di Cibaliung adalah Vein Cikoneng dan Vein Cibitung, yang keduanya ditambang sekarang, secara underground (tambang bawah permukaan) dan sebagian open pit (tambang terbuka).

Cibaliung Sumber Daya - Antam

Situasi tambang dari sudut lain

DSC01905

Open Pit di awal fasa produksi

23102010653

Portal Underground Mining yang sudah tidak digunakan

Dari proses eksplorasi yang memakan waktu 12 tahun tersebut, dinyatakan bahwa total sumberdaya 1,5 juta ton dengan kadar rataan 9,8 gram/ton emas dan 83 gram/ton perak dan diekstrak sebesar 70.000 oz emas dan 500.000 oz perak tiap tahunnya (1 oz = 31 gram). Tentunya jumlah cadangan ini akan diupayakan bertambah agar umur industri ini bertambah. Usaha eksplorasi telah dilakukan oleh PT Antam sendiri melalui Unit Geomin (eksplorasi) telah melakukan pemetaan detail geologi, pemboran, geofisika, geokimia, dll untuk menemukan cadangan baru.

Foto-foto lebih lengkap akan diposting di bagian kedua dari tulisan ini, utamanya tentang kegiatan eksplorasi geologi dalam rangka penemuan/penambahan cadangan baru.

25 comments: On Pertambangan Emas Antam Cibaliung, Banten

Silakan berkomentar :

Sliding Sidebar

Geosphere

%d bloggers like this: